Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

Parameter Alat Ukur Listrik

Darma Kusumandaru Jumat, 24 Juli 2015

Alat ukur listrik merupakan peralatan yang diperlukan oleh manusia untuk menentukan nilai atau besaran listrik seperti tegangan, arus, daya, hambatan dan lain sebagainya tidak dapat secara langsung ditanggapi oleh indra. Oleh sebab itu untuk mengukur besaran tersebut, diperlukan alat untuk mengubah atau besaran ditransformasikan ke dalam besaran mekanis yang berupa gerak dengan menggunakan alat ukur. perlu disadari bahwa untuk dapat menanggungkan berbagai macam alat ukur listrik perlu pemahaman pengetahuan yang memahami tentang konsep-konsep teorinya. dalam mempelajari pengukuran dikenal beberapa istilah, antara lain :

  1. Instrumen : adalah alat ukur untuk menentukan nilai atau besaran suatu kuantitas atau variabel.
  2. Ketelitian : harga terdekat degan suatu pembacaan instrumen mendekati harga sebenarnya dari variabel yang diukur.
  3. Ketetapan : suatu ukuran kemampuan untuk hasil pengukuran yang serupa (ketika suatu zat diukur dengan suatu alat ukur harus memiliki hasil yang sama dengan hasil ketika diukur dengan alat ukur lain yang sejenis).
  4. Sensitivitas : perbandingan antara sinyal keluaran atau respon instrumen terhadap perubahan masukan atau variabel yang diukur.
  5. Resolusi : Perubahan terkecil dalam nilai yang diukur yang mana instrumen akan memberi respon atau tanggapan.
  6. Kesalahan : penyimpangan variabel yang diukur dari harga (nilai) yang sebenarnya. 


Alat ukur listrik dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
a. Alat Ukur Standar / Absolut
Alat ukur standar atau absolut adalah alat ukur yang menunjukan besaran dari listrik yang diukur dengan batas-batas pada konstanta dan penyimpangan pada alat itu sendiri. hal tersebut menunjukan bahwa alat ukur tersebut tidak perlu dikalibrasi atau di bandingkan dengan alat ukur lainnya terlebih dahulu. Contoh alat ukur standar adalah Galvanometer.
Gambar Galvanometer


b. Alat Ukur Sekunder 
Alat ukur sekunder maksudnya adalah semua alat ukur yang menunjukkan harga besaran listrik yang diukur dan dapat ditentukan hanya dari simpangan alat ukur tersebut. sebelum alat ukur sudah dikalibrasi dengan membandingkan pada alat ukur lain standar. Contoh dari alat ukur ini adalah alat ukur listrik yang sering di pergunakan sehari-hari yaitu : Voltmeter, ampermeter dan lain sebagainya.
Gambar Voltmeter

Gambar Amperemeter

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation