Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » » Dasar Listrik Arus Bolak-balik (AC)

Dasar Listrik Arus Bolak-balik (AC)

Darma Kusumandaru Senin, 06 Juli 2015

Listrik arus AC (Alternating Current) atau Listrik arus bolak-balik merupakkan arus listrik yang dihasilkan dari induksi elektromagnetik suatu lilitan kawat yang berdekatan dengan magnet permanen.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membangkitkan listrik arus AC yaitu :
1. Adanya garis gaya magnet yang dihasilkan dari kutub-kutub
2. Adanya magnet
3. Adanya perpotongan antara lilitan dengan garis-garis gaya magnet

Gambar gelombang sinus pada arus listrik AC

Listrik arus AC satu fasa memiliki bentuk gelombang sinus dalam satu siklus periode memiliki nilai positif dan negatif. Nilai maksimum dihitung dari puncak ke puncak. Untuk mengetahui bentuk gelombang sinus dapat dilakukan dengan menghubungkan sumber arus dengan alat ukur yang disebut Oskiloskop, dengan begitu gelombang sinus pada rangkaian tersebut dapat diamati. Bentuk gelombang sinus pada arus listrik AC terdapat berbagai jenis bentuk yaitu gelombang persegi, gelombang gigi gergaji atau pulsa.
Gambar macam-macam gelombang pada arus listrik AC

Periode dilambangkan dengan simbol (T) dengan satuan detik atau (s), periode adalah banyaknya waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran sempurna satu gelombang listrik.Frekuensi dilambangkan dengan simbol (f) dengan satuan Hertz atau satu per detik (1/s), frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik atau banyaknya gelombang listrik n yang dihasilkan tiap satuan waktu (detik). Gelombang listrik PLN yang dipakai untuk rumah, dan industri adalah gelombang sinus dengan nilai frekuensi 50 Hz.

Persamaan frekuensi listrik AC :

Keterangan :
f  = frekuensi (Hz)
T = periode (detik)

Gambar rangkaian pembangkit gelombang pulsa atau gigi gergraji
Untuk menghasilkan bentuk gelombang listrik untuk kebutuhan khusus seperti bentuk pulsa, dihasilkan dengan rangkaian Resisitor dan kapasitor sumber tegangan kotak dengan frekuensi 100 Hz (5 milidetik) jika dirangkai dengan kapasitor  yang memiliki nilai kapasitas 1 μF dan resistor yang memiliki nilai resistansi 1 KΩ, akan dihasilkan bentuk gelombang output seperti gigi gergaji dengan ujung yang tajam dan kemudian turun drastis.

Contoh soal :
1. Untuk menghasilkan gelombang yang sempurna suatu generator memerlukan waktu 0,05 detik, berapakah frekuensi yang dihasilkan generator tesebut?
Diketahui : T = 0,05 detik
Ditanya    : f  = ?
Jawab      :

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation