Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » » » Prinsip dasar Kerja Transformator

Prinsip dasar Kerja Transformator

Darma Kusumandaru Senin, 27 Juli 2015

Dua buah lilitan diletakkan berdekatan. Lilitan pertama dihubungkan sumber listrik DC, resistor R yang bisa diatur sakelar yang dapat di On dan di Off kan. Kedua ujung lilitan dihubungkan dengan Voltmeter.
Gambar prinsip induksi elektromagnetik
Ketika sakelar di on kan maka mengalir arus listrik It dan menghasilkan medan magnet dengan arah kutub utara di kanan. Medan magnet dari lilitan pertama ini menginduksi pada lilitan ke dua, sehingga lilitan kedua menghasilkan tegangan induksi yang terukur oleh volt meter kemudian tegangan menghilang.

Gambar gelombang lilitan primer dan lilitan sekunder
Ketika sakelar di off kan maka arus listrik It yang mengalir ke lilitan pertama terputus, sehingga terjadi perubahan dari ada medan magnet menjadi tidak ada. Perubahan medan induksi sesaat di lilitan kedua terukur oleh volt meter dan kemudian menghilang.

Rumus tegangan induksi :
Keterangan :
V = Tegangan induksi (V)
N   = Jumlah lilitan
ΔΦ = Perubahan fluk magnet (Wb)
Δt  = Perubahan waktu (s) detik

Terdapat metode lain tentang membuktikan adanya tegangan induksi yaitu dengan cara :
Lilitan kawat dipasang pada sebuah inti besi dan dihubungkan pada sumber listrik DC dengan sakelar ON-OFF. sebuah cincin aluminium diletakkan pada inti besi di ujung berdekatan lilitan pertama digantungkan dengan benang.
Gambar induksi pada cincin

Saklar di On kan maka sesaat ada perubahan arus di lilitan pertama dan timbul medan magnet, medan magnet di induksi kan melalui inti besi dan terjadi suatu efek pada cincin aluminium tersebut. Dalam cincin yang berfungsi sebagai lilitan kedua mengalir arus induksi, arus induksi ini berinteraksi dengan medan magnet lilitan pertama sehingga timbul gaya dan cincin bergerak.

Ketika sakelar di OFF kan timbul medan magnet kembali dan induksi diterima oleh cincin dan gaya yang menggerakkan cincin aluminium. Dengan sakelar di ON dan OFF kan maka cincin akan bergerak ke kanan dan ke kiri berayun ayun pada gantungan nya.
Dalam praktek nya  sakelar yang ON dan OFF diganti dengan sumber arus AC yang memang selalu berubah-ubah setiap saat besar tegangan nya.

Contoh soal :
Sebuah transformator memiliki 500 lilitan kawat, dan nilai fluk magnet sebesar 0,2 mWb. Jika sakelar di ON-OFF kan dalam waktu 5 milidetik, berapakah nilai tegangan induksi nya ?
Diketahui : N = 500
                 ΔΦ = 0,2 mWb
                 Δt = 5 ms
Ditanya   : Vi = ?
Jawab     :

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation