Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » Prinsip Kemanganetan

Prinsip Kemanganetan

Darma Kusumandaru Selasa, 09 Juni 2015

Magnet adalah suatu logam yang terbuat dari besi dan dapat menarik logam berupa besi, karena memiliki medan magnet pada masing masing kutubnya.

Pada umumnya magnet memiliki dua buah kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jika dua buah magnet kutub magnet sejenis di dekatkan maka kedua magnet tersebut akan bersifat tolak menolak (utara-utara  selatan-selatan). Jika dua buah magnet, kutub yang berlawanan jenis di dekatkan maka kedua magnet  tersebut akan tarik menarik (utara-selatan, selatan utara).

Batang magnet bagian tengah antara kutub utara dan kutub selatan tersebut adalah bagian netral artinya tidak memiliki kekuatan medan magnet. jika sebuah magnet dipotong menjadi dua bagian pada pada bagian tengah medan magnet atau bagian netral, maka dua bagian tersebut menjadi magnet baru.

Untuk membuktikan bahwa daerah netral tidak memiliki medan magnet dapat dilakukan dengan cara :

1. Menyiapkan dua buah magnet yang memiliki bentuk yang sama.
2. Menempelkan besi pada masing-masing kutub magnet tersebut.
3. Menghubungkan kutub magnet yang berbeda jenis, maka ke dua besi yang menempel pada kutub yang dihubungkan akan lepas. (dua magnet jika kedua kutub yang berbeda dihubungkan maka menjadi sebuah magnet)

Perbedaan magnet dengan besi :
Besi pada dasarnya terdiri dari kumpulan magnet dalam ukuran microskopik, hanya saja magnet-magnet tersebut tidak beraturan sehingga pada besi tersebut tidak memiliki sifat kemagnetan.
Magnet pada dasarnya terdiri dari kumpulan magnet berukuran microskopik yang beraturan sehingga memiliki medan magnet yang besar.

Logam besi dapat diubah menjadi magnet dengan cara induksi elektromagnetik. tidak semua logam dapat diubah menjadi magnet contoh tembaga, aluminium, dan lain sebagainya logam-logam tersebut disebut dengan diamagnetik.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation