Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » » Fenomena Elektrostatis

Fenomena Elektrostatis

Darma Kusumandaru Senin, 22 Juni 2015

Muatan listrik adalah suatu dasar dari partikel elementer tertentu. terhadap dua jenis muatan, yaitu positif (+) dan negatif (-).
Suatu muatan adalah "Coulumb (C)", muatan proton adalah + 1,6 x 10-19 C, sedangkan muatan elektron adalah -1,6 x 10-19 C. Pada umumnya 1 Coulumb muatan mengandung 6,25 x 1018 elektron. Prinsip kekekalan menjadikan nilai muatan selalu konstan. Jika suatu benda diubah menjadi energi, sejumlah muatan positif dan negatif yang sama akan hilang.

Percobaan 1 Penggaris plastik dengan potongan kertas kecil-kecil
Sebatang garisan plastik digosok kan pada kain pada waktu tertentu kemudian di dekatkan dengan potongan kertas-kertas kecil. Yang terjadi potongan kertas kecil yang akan beterbangan dan menempel pada garisan plastik tersebut.
Gambar. Percobaan 1
Kejadian diatas menunjukan fenomena muatan elektro statis dimana batang plastik bermuatan negatif. dua benda yang muatannya berbeda akan saling tarik-menarik.

Percobaan 2 Dua buah batang yang terbuat dari bahan plastik
Sebuah batang terbuat dari plastik digantung bebas dengan benang. batang yang terbuat dari bahan plastik lainnya di gosok kan pada kain sutra dan di dekatkan dengan batang plastik yang digantung dengan benang.
Gambar. Percobaan 2
Yang akan terjadi Batang plastik akan yang digantung akan menjauhi batang plastik yang di dekatkan (Kedua benda tersebut saling tolak menolak). Kedua batang tersebut memiliki nilai muatan yang sama.

Percobaan 3 Dua buah batang yang terbuat dari bahan kaca dan plastik yang berbeda
Sebuah batang terbuat dari bahan plastik digantung bebas dengan benang. Sebuah batang terbuat dari bahan kaca digosok kan dengan dengan kain sutra dan di dekatkan pada batang plastik.
Gambar. Percobaan 3
Yang terjadi batang yang terbuat dari bahan plastik akan tertarik pada batang yang terbuat dari bahan kaca (kedua benda tersebut saling tarik menarik). Batang yang terbuat dari bahan plastik dan batang yang terbuat dari bahan kaca memiliki jumlah muatan yang berbeda. 

Persamaan muatan listrik :
Q = n . e
Keterangan :
Q = Muatan listrik (Coulomb)
n  = Jumlah Elektron
e  = Muatan elektron (-16 x 10-19C)

Contoh soal :
1. Jika diketahui suatu muatan listrik -3 C, maka berapakah jumlah elektron yang ada di dalamnya ?
Diketahui : Q = -3 C
Ditanya    : n = ?
jawab      :

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation