Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » Garis Gaya Magnet

Garis Gaya Magnet

Darma Kusumandaru Rabu, 10 Juni 2015

Bumi merupakan magnet alam yang sangat besar dikarenakan kompas menunjukan arah utara dan selatan bumi. Hal tersebut sesungguhnya disebabkan oleh adanya garis gaya magnet di sekeliling bumi yang tidak tampak tapi dapat diamati keberadaannya dengan menggunakan kompas.

Batang magnet memancarkan garis gaya magnet yang melingkupi dengan arah dari utara ke selatan. Pembuktian sederhana yang dapat dilakukan dengan menempatkan batang magnet dibawah selembar kertas. diatas kertas taburkan serbuk halus besi secara merata, maka setelah itu yang terjadi akan menghasilkan bentuk garis-garis melengkung oval di ujung-ujung kutub. Ujung kutub utara dan selatan muncul pola garis gaya yang sangat kuat. daerah netral pola garis gaya magnet sangat lemah.

Arah garis gaya magnet dalam pola garis melengkung mengalir dari arah kutub utara menuju kutub selatan. didalam  batang magnet sendiri garis gaya magnet yang mengalir sebaliknya, yaitu  dari kutub selatan ke kutub utara. didaerah netral tidak ada garis gaya magnet diluar batang magnet.

Pembuktian secara visual garis gaya magnet untuk sifat tarik-menarik pada kutub berbeda dan sifat tolak-menolak pada kutub sejenis dengan menggunakan magnet dan serbuk halus besi. Tampak jelas kutub sejenis utara-utara garis gaya magnet saling menolak satu sama lainnya. pada kutub yang berbeda utara-selatan, garis gaya magnet memiliki pola tarik menarik. Sifat saling tarik menarik dan tolak menolak magnet menjadi dasar bekerjannya motor listrik.

Untuk mendapatkan garis gaya magnet yang merata disetiap titik permukaan maka ada dua bentuk yang mendasari rancangan mesin listrik. bentuk datar (flat) akan menghasilkan garis gaya merata setiap titik permukaannya. bentuk melingkar (radial), juga menghasilkan garis gaya yang merata pada setiap titik permukaannya.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation