Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » Penghantar Listrik Untuk Rangkaian Instalasi

Penghantar Listrik Untuk Rangkaian Instalasi

Darma Kusumandaru Rabu, 30 Desember 2015

Setiap zat yang ada di bumi untuk melakukan perpindahan memerlukan suatu zat perantara untuk sampai di suatu tujuan. Misalkan suara yang dapat merambat dari udara, Listrik secara garis besar sama memiliki karakteristik seperti air dan udara.
Air berpindah dari suatu titik yang lebih tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Udara berpindah dari suatu tempat yang bertekanan tinggi menuju suatu tempat yang bertekanan rendah, begitu pula dengan muatan listrik mengalir dari titik yang memiliki beda potensial tinggi menuju beda potensial rendah.
Untuk mendistribusikan suatu arus listrik dari suatu sembar menuju ke konsumen atau beban, dan juga sebagai pengaman yang menyalurkan kebocoran arus listrik menuju ke hantaran pentanahan diperlukan suatu alat penghantar yang bersifat konduktor.

Terdapat dua jenis alat yang biasanya digunakan untuk menghantarkan listrik yaitu :

1. Kawat
Kawat penghantar tanpa isolasi merupakan salah satu alat penghantar yang digunakan untuk mengalirkan muatan listrik dari suatu titik yang memiliki nilai potensial tinggi menuju potensial rendah. Biasanya kawat penghantar digunakan untuk menyalurkan arus bocor menuju ke hantaran pentanahan, oleh sebab itu kabel yang berjenis ini sering digunakan pada rangkaian penangkal petir. Kawat penghantar tanpa isolasi biasanya terbuat dari bahan berupa tambaga (Cu), Aluminium (Al). Contoh jenis kawat : BC, BCC, A2C, A3C, ACSR.

2. Kabel 
Kabel merupakan suatu alat penghantar pada rangkaian listrik yang menggunakan pelindung berupa isolator (terisolasi dengan bahan isolator). Secara fisik kabel dibagi menjadi dua jenis kabel yaitu pejal dan serabut . Digunakan untuk menyalurkan arus listrik dari suatu titik menuju titik yang lain 

Kabel yang biasanya digunakan sebagai pada instalasi penerangan dengan pemasangan yang bersifat tetap adalah kabel NYA dan NYM. Pada penggunaannya kebel NYA memerlukan pipa PVC untuk melindungi kabel dari air dan kelembaban yang akan mengakibatkan rusaknya isolasi pada kabel NYA.

Berikut ini macam-macam kabel penghantar :

a. Kabel NYAF






Gambar kabel NYAF
Kabel NYAF kabel yang memiliki beberapa penghantar yang dipilin menjadi sebuah penghantar dan bungkus dengan isolasi yang menggunakan bahan berupa PVC. Penghantar yang digunakan memiliki diameter yang cukup kecil sehingga kabel tersebut akan bersifat fleksibel. Kabel NYA biasanya digunakan untuk instalasi rumah, tapi khusus untuk beban-beban yang memiliki daya relatif kecil.


b. Kabel NYA

Gambar kabel NYA

Kabel NYA terdiri dari sebuah pengantar yang berbentuk pejal, dan mengunakan suatu pengaman isolasi yang terbuat dari bahan PVC, bahannya sama seperti pipa PVC hanya aja lebih elastis, oleh sebab itu dalam penggunaannya masih diperlukan pipa PVC pada suatu instalasi. Kabel NYA bisanya digunakan pada instalasi rumah tinggal. di toko alat listrik tersedia beberapa macam warna kabel NYA, yang berfungsi untuk membedakan jenis saluran apabila dilakukan pemasangan oleh seorang teknisi listrik, hal tersebut telah tertulis di PUIL sebagai kesepakatan antar ahli Listrik dengan perusahaan yang memproduksi kabel. Berikut ini beberapa macam warna kabel yang sering digunakan yaitu :
- Merah :
(sebagai kabel fasa pada suatu rangkaian dengan sumber 1 fasa)
(sebagai kabel sumber R pada rangkaian dengan sumber 3 fasa).
- Hitam :
(sebagai kabel netral pada apabila tidak ada kabel biru, dan menggunakan kabel merah sebagai kabel fasa pada  rangkaian dengan sumber 1 fasa)
(sebagai kabel sumber fasa apabila tidak ada kabel merah, dan menggunakan kabel biru sebagai kabel netral pada rangkaian dengan sumber 1 fasa)
(sebagai kabel sumber T pada rangkaian dengan sumber 3 fasa)
- Kuning :
(sebagai kabel sumber S pada rangkaian dengan sumber 3 fasa)
- Biru :
(sebagai kabel netral pada rangkaian dengan sumber 3 fasa atau pun 1 fasa)
- Kuning bergaris hijau :
(sebagai kabel ground atau hantaran pentanahan pada rangkaian dengan sumber 3 fasa atau pun 1 fasa)


c. Kabel NYM

Gambar kabel NYM

Kabel NYM adalah kabel yang memiliki beberapa penghantar dan isolasi luar sebagai pelindung sekaligus wadah beberapa kabel yang ada didalamnya. Kabel NYM adalah kumpulan beberapa kaben NYA yang diikat dengan menggunakan isolasi pembungkus, sehingga inti penghantar pada kabel NYA terdapat lebih dari 1. Kabel NYM yang biasanya digunakan pada instalasi beban pada motor 3 fasa memiliki 3 inti, selain itu kabel NYM yang biasa digunakan sebagai kabel dari panel distribusi menuju ke rangkaian instalasi 3 fasa memiliki 4 inti yaitu R, S, T, dan N.

d. Kabel NYY

Gambar kabel NYY

Kabel NYY merupakan salah satu kabel tanah thermoplastik tanpa perisai. Kabel NYY adalah kabel yang tidak jauh beda dengan kabel NYM, yang membedakan hanya tebal dan jenis isolasi dan selubung luarnya saja Untuk kabel tegangan rendah tegangan nominal 0,6/1,0 kV dimana maksudnya :
0,6 kV = Tegangan nominal terhadap tanah.
1,0 kV = Tegangan nominal antar penghantar.
Kabel NYY biasanya digunakan pada untuk instalasi tenaga pada industri. Apabila digunakan pada instalasi tenaga pada industri secara tertutup maupun terbuka sudah tidak memerlukan lagi pipa PVC karena memiliki isolasi yang cukup tebal.  selain itu Kabel NYY dapat juga digunakan sebagai penghantar listrik bawah tanah dengan menggunakan perlindungan berupa pipa yang ditimbun dengan pasir dan batu untuk mencegah terjadinya kerusakan mekanis pada kabel NYY.

e. Kabel N2XY

Gambar kabel N2XY
Kabel N2XY merupakan salah satu kabel tanah thermoplastik tanpa perisai, kabel N2XY intinya terdiri dari penghantar tembaga, dengan isolasi yang memiliki jenis XLPE, dengan menggunakan pelindung tembaga serta berselubung PVC dengan tegangan pengenal 0,6/1 kV (1,2 kV) yang dirangkai sejajar pada suatu rangkaian instalasi 3 fasa.

f. Kabel NYFGbY

Gambar kabel NYFGbY

Kabel NYFGbY merupakan kabel themoplastik dengan menggunakan prisai. Kabel NYFGbY memiliki inti yang terdiri dari penghantar tembaga, dengan isolasi berupa PVC, penggabungan dua atau lebih inti dilengkapi selubung atau pelindung yang terdiri dari karet dan perisai kawat baja. Perisai dan pembungkus diikat dengan spiral pita baja, untuk menghindari korosi pada pita baja, maka kabel di selubungi pelindung PVC warna hitam. Kabel NYFGbY biasanya digunakan pada suatu instalasi yang memiliki kemungkinan terjadi gangguan kabel secara mekanis.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation