Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

» » » » » » » » Pengertian Listrik dan Beberapa Fungsinya

Pengertian Listrik dan Beberapa Fungsinya

Darma Kusumandaru Selasa, 13 Oktober 2015

Listrik adalah suatu zat yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang bergerak pada satu titik (-) ke titik lain (+). Listrik merupakan sumber energi yang penting bagi manusia, hampir 80% alat-alat yang digunakan manusia membutuhkan listrik contoh sederhana untuk berkomunikasi manusia pasti mengunakan handphone, tablet, android dan sebagainya. Selain itu di bumi tak selalu disinari oleh cahaya matahari oleh sebab itu manusia memerlukan alat penerangan. Untuk kegiatan transformasi bahkan memerlukan energi listrik sebagai penggerak pada kendaraan bermotor.

Listrik berdasarkan sumbernya dibagi menjadi dua yaitu :
1. Listrik Alami
Listrik alami (Petir) adalah listrik yang muncul secara alami (merupakan fenomena alam yang sering terjadi ketika hujan) tanpa campur tangan manusia. Secara Fisika petir disebabkan oleh adanya perbedaan potensial antara awan dengan bumi, atau awan dengan awan lainnya. Awan yang bergerak teratur akan memiliki nilai muatan positif di salah satu sisi dan muatan negatif di sisi lainnya. Ketika awan dan bumi memiliki nilai perbedaan potensial yang cukup besar, makan akan terjadi pembuangan elektron ke bumi untuk mengembalikan awan pada kondisi seimbang.

2. Listrik Buatan
Gambar sumber energi utama yang digunakan untuk memproduksi energi  listrik, waduk (Pembangkit listrik tenaga air), PLTU (Pembangkit listrik tenaga uap atau panas bumi) Kincir angin (Pembangkit listrik tenaga angin)


Listrik buatan adalah listrik yang sengaja dibuat oleh manusia (tidak di buat oleh manusia, manusia hanya merubah suatu zat yang sudah menjadi zat baru yang memiliki fungsi tertentu "mengubah") untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Listrik buatan dapat dihasilkan dari berbagai macam energi yang menghasilkan gerak. Gerak yang dihasilkan tersebut dimanfaatkan untuk memutar turbin generator sehingga dapat menghasilkan energi listrik. Contoh energi gerak yang dimanfaatkan untuk memutar turbin pada generator yaitu air mengalir, angin, uap atau panas bumi, dan lain-lain sebagainya.

Terbentuknya Listrik
Listrik tidak muncul begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan listrik dapat dimanfaatkan. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya energi listrik :
  1. Pertama harus ada sumber arus listrik atau sumber tegangan yang sebagai penghasil listrik sehingga listrik dapat disalurkan.
  2. Selanjutnya listrik dapat mengalir karena adanya media penghantar. Penghantar dapat berupa benda-benda yang bersifat konduktor, contoh : tembaga, aluminium, besi, beberapa jenis logam lainnya, bahkan manusia juga merupakan konduktor meskipun bukan konduktor yang baik. 
  3. Perbedaan potensial atau tegangan adalah faktor utama yang menyebabkan listrik dapat mengalir. Tanpa adanya perbedaan potensial maka alat-alat listrik yang dialiri arus listrik tidak akan bekerja. Begitu pula ketika manusia dialiri arus listrik jika tidak ada perbedaan potensial maka manusia tersebut tidak akan terkena sengatan listrik.
Listrik merupakan energi yang dapat diubah menjadi berbagai macam jenis energi lain dengan menggunakan alat tertentu, contoh : energi listrik diubah menjadi energi panas, energi listrik diubah menjadi energi gerak, dan lain sebagainya.
Contoh pemanfaatan energi listrik yang digunakan pada kehidupan manusia sehari-hari :

A. Sebagai Penerangan (Cahaya)
Gambar Lampu pijar sebagai alat yang digunakan untuk penerangan yang memanfaatkan energi listrik
Karena adanya siang dan malam aktivitas manusia di bumi tidak selamanya disinari oleh cahaya matahari, oleh sebab itu manusia memanfaatkan energi listrik dengan merubah nya menjadi sumber cahaya. Alat yang digunakan untuk merubah energi listrik menjadi energi cahaya adalah lampu.

B. Sebagai Pemanas
Ada berbagai macam kehidupan manusia, yang membutuhkan suhu tinggi misalkan untuk mengawetkan makanan. makanan memiliki jangka kelayakan untuk dikonsumsi, supaya suatu makanan dapat bertahan melebihi jangka kelayakan nya perlu dilakukan pengawetan. Terdapat berbagai macam jenis pengawetan makanan, yang akan dibahas adalah pemanasan. Untuk mengawetkan suatu bahan makanan manusia perlu menaikkan suhunya sampai 100oC atau lebih, maka memerlukan alat berupa kompor listrik.
Tidak hanya mengawetkan makanan energi panas juga dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan penyambungan pada suatu rangkaian elektronika menggunakan alat berupa solder listrik. namun pemanas lebih banyak diterapkan pada alat rumah tangga contohnya : kompor listrik, microwave, pemanggang roti, penanak nasi, dan lain sebagainya. Berbagai macam alat-alat tersebut memerlukan komponen utama untuk merubah energi listrik menjadi energi panas dengan menggunakan elemen pemanas.

C. Sebagai Penggerak
Gambar motor 3 fasa yang berfungsi sebagai penggerak baling-baling pada pompa air sentrifugal 

Mahluk ciptaan Tuhan termasuk manusia tentunya memiliki berbagai macam batasan. Misalkan untuk mengambil air dari suatu sumur manusia dapat mengambil 40 liter tiap 20 menit. maka dalam waktu 1 jam manusia tersebut dapat mengambil air sebanyak 120 liter jika manusia tersebut tidak mengalami penurunan kecepatan dalam mengambil air pada sumur tersebut akibat kelelahan. ketika manusia tersebut telah sampai pada batas nya maka pekerjaan akan berhenti. Oleh sebab itu manusia memanfaatkan energi listrik untuk menggerakkan motor pada pompa air, sehingga pekerjaan mengambil air pada sumur tersebut menjadi lebih ringan, cepat, dan efisien.
Tidak hanya mengambil air dari sumur, berbagi macam pemanfaatan energi listrik sebagai energi gerak dapat juga diaplikasikan untuk penggerak kipas angin, penggerak alat rumah tangga, penggerak kendaraan bermotor, bahkan digunakan sebagai penggerak mesin produksi di pabrik-pabrik, dan lain sebagainya. Alat yang digunakan untuk merubah energi listrik menjadi energi gerak adalah motor listrik, output dari motor listrik dihubungkan dengan beban yang akan digerakkan.

2 Komentar:

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation