Elektronika Dasar, Instalasi Listik, Listrik Dasar, Listrik Lanjut, Penggunaan Alat Ukur Listrik

Pengukuran Daya Listrik 3 Fasa Menggunakan Wattmeter

Darma Kusumandaru Jumat, 11 September 2015

Daya listrik adalah Usaha yang dibutuhkan untuk memindahkan elektron dari suatu titik ke titik lain. untuk mengukur daya listrik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa wattmeter.
Gambar prinsip kerja wattmeter
Wattmeter bekerja berdasarkan prinsip elektro dinamik. memiliki dua buah lilitan yaitu, lilitan arus dan lilitan tegangan. Pada bagian yang bergerak disebut lilitan arus berfungsi menggerakkan jarum penunjuk, sedangkan bagian yang diam disebut lilitan tegangan. 
Interaksi fluk magnet arus dan tegangan yang dihasilkan oleh masing-masing lilitan akan menghasilkan trosi yang menggerakkan jarum. Simpangan jarum sebanding dengan daya :

P = V x I x cos α

Gambar rangkaian pengukuran daya menggunakan satu wattmeter
Pengukuran daya listrik 3 fasa dengan menggunakan wattmeter dapat dilakukan dengan wattmeter satu fasa, wattmeter 1 fasa memiliki dua buah lilitan yaitu lilitan tegangan terminal 2-5 dan lilitan arus terminal 1-3. terminal 5 dihubungkan ke kawat netral. Jala-jala L1, L2, L3 dan N dihubungkan dengan sumber tegangan (PLN), Ujung lainnya terhubung ke beban 3 fasa.

Hasil ukur = 3 x Penunjukan Wattmeter

Gambar rangkaian pengukuran daya dengan menggunakan wattmeter dengan Trafo Arus (CT)
Untuk daya yang sangat besar, arus beban mencapai puluhan bahkan ratusan amper, dipakai alat bantu berupa trafo arus CT. Rating trafo arus CT tersedia dalam berbagai ukuran, misalnya 100/5 artinya mampu sampai arus beban primer 100 A dan arus sekunder ke wattmeter 5a. Trafo kabel jala-jala yang dimasukkan ke lubang tengah, bagian sekunder terdapat terminal L-K.

Rangkaian trafo arus CT dengan wattmeter bagian Primer CT sisi K berhadapan dengan sumber tegangan L1, sisi L berhadapan dengan beban, tidak boleh terbalik. Sekunder CT dihubungkan ke lilitan arus wattmeter, terminal K ke kaki 1 sekaligus dihubungkan dengan grounding atau pentanahan, dan terminal Ll disambung kan kaki. Lilitan tegangan kaki 2 dihubungkan dengan L1 dan kaki 5 ke L2 dan kaki 8 terhubung ke L3.

Hasil ukur = 3 x Penunjukan Wattmeter

Gambar rangkaian pengukuran daya dengan menggunakan dua buah wattmeter
Pengukuran wattmeter 3 fasa dapat dilakukan dengan menggunakan 2 buah wattmeter. Pada rangkaian ini terdapat 2 lilitan arus, yaitu kaki 1-3 dan kaki 7-9. Lilitan tegangan juga ada dua buah, yaitu kaki 2-5 dan kaki 5-8. Kawat L1, L2, dan L3 dihubungkan ke sumber tegangan PLN. Kawat L1 masuk ke lilitan arus 1 melalui kaki 1 dan 3, sekaligus kaki 2 dihubungkan dengan kaki 3 menuju ke lilitan tegangan, kaki 5 ke jala-jala L2. jala-jala L3, kaki 7 masuk lilitan arus ke kaki 9 selanjutnya terhubung ke beban.

1 Komentar:

  1. Sega - Sega Genesis - VODL
    youtube.com › videogaming › sega-genesis-v › videogaming › sega-genesis-v Watch over 2 million downloads of "Sega Genesis", the largest retro best youtube to mp3 party for video games, at the best prices on VCR, VCR and VHD.

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 - . Teknik Listrik. All Rights Reserved
Electric_Theme Template by ar_ma. Powered by Blogger
Original Theme by SkyLight_Animation